Tuesday, September 8, 2020

Macam - Macam Jenis RAM ( Random Access Memory )

 Macam - Macam Jenis RAM ( Random Access Memory )





RAM atau Random Access Memory merupakan salah satu komponen penting dalam komputer. RAM dapat menyimpan data sementara saat komputer sedang dioperasikan, dan akan hilang saat daya komputer dimatikan. Jadi, walaupun RAM ini sejenis memori, namun hanya berfungsi saat perangkat dalam keadaan hidup saja.


1. DRAM






DRAM atau Dynamic Random Access Memory adalah tipe RAM yang umum digunakan dalam komputer. jenis memori ini biasanya digunakan untuk data atau kode program yang harus di jalankan oleh prosesor komputer.

DRAM menyinpan setiap bit data atau kode program dalam sel penyimpanan yang terdiri dari kapasitor dan transistor, dan biasanya diatur dalam konfigurasi  sel penyimpanan persegi panjang


2. SDRAM



SDRAM atau Synchronous Dynamic Random Access Memory adalah DRAM yang disinkronkan dengan sistem bus bentuk memory semikonduktor DRAM yang dapat berjalan pada kecepatan yang lebih tinggi dari pada DRAM konvensional (kecepatannya berkisaran antar 100 Mhz - 133 Mhz). 

SDRAM ini sebenarnya menyinkronkan dirinya dengan bus CPU dan mampu berjalan pada 133 MHz, sekitar tiga kali lebih cepat daripada FPM RAM konvensional, dan sekitar dua kali lebih cepat dari EDO DRAM dan BEDO DRAM.SDRAM mengantikan EDO RAM di banyak komputer yang baru.


3. RDRAM



RDRAM adalah singkatan dari Rambus Dynamic Random Access Memory. ini adalah jenis RAM yang dibuat oleh rambus dan merupankan jenis memory komputer tercepat yang tersedia.

SDRAM umumnya dapat mentransfer data dengan kecepatan hingga 133 MHz, semntara RDRAM standar dapat melakukan lebish dari GHz. Meskipun beberapa motherboard dapat menggunakan RDRAM sebagai memori sistem, namun kebanyakan motherbaord tidak sepenuhnya dapat memanfaatkan kecepatan RDRAM yang sangat cepat .

4. SRAM

sinkatan dari Static Random Access Memory, SRAM adalah jenis RAM yang menyimpan data mengunakan matode statis. Artinya SRAM ini berkerja dengan cara statis, yakni data tetap konstan ( tidak ada perubahan ) selama daya listerik dipasok ke chip memory

SRAM bereda dengan DRAM yang menyimpan data scara dinamis dan terus - menerus perlu me-refresh data yang disimpan dalam memori. karena SRAM menyimpan data scara statis, tipe memori dapat berjalan lebih cepat dan membutuhkan daya yang lebih kecisl dari DRAM.

5. EDORAM

( Extended Data Output ) adalah jenis chip RAM yang meningkatkan waktu membaca dari memori pada mikroprosesor yang lebih cepat seperti intel pentium. EDO RAM awalnya dioptimalkan  untuk Pentium 66 MHz. Untuk komputer yang lebih cepat direkomendasikan  mengunakan SDRAM.

RAM jenis ini diperkenalkan pada tahun 1994 dan mulai mengantikan DRAM mode halaman cepat pada tahun 1995 ketika intel pertama kali memperkenlkan chipset 430FX yang mendukung EDO DRAM


6. FPM DRAM

 

FPM DRAM (Fast Page Mode Dynamic Random Access Memory) adalan memory dinamis dengan akses halaman cepat yang memastikan kinerja yang lebih tinggi dari pada DRAM kovesional.

sebelum bentuk yang lebih baru dari DRAM,FPM DRAM (Fast Page Mode DRAM) adalah jenis DRAM yang paling Umum di gunakan dalam komputer. mode halaman DRAM pada dasarnya mengakses barisan RAM tanpa harus terus-menerus menetapkan kembali barisan tersebut.


7. Flash RAM

Memory flash (flas RAM) adalah jenis mendia  penyimpanan nono- volation ( memori yang datanya dapat ditulis dan dihapus, akan tetapi datanya tidak hilang ketika tidak mendapat daya) yang menyimpan semua data setelah daya terputus.

bentuk dan cara kerja memori flash mirip dengan SSD dari pada jenis RAM yang telah disebutkan sebelumnya, Memori flash ini digunakan dalam beberapa produk komputasi dan paling sering digunakan dalam USB flash drive, printer, mainan anak anak, dan masih banyak lagi.

8. SDR SDRAM

SDR SDRAM adalah istilah yang diperluas untuk SDRAM (dau Jenis RAM yang sama) tetapi paling sering disebut sebagai  SDRSM saja. SDR atau Single Data Rate di sini menunjukan bagaimana memori yang ini memproses instruksi saru membaca satu menulis per siklus jam. Selain komputer, produk lain yang mengunakan jenis RAM ini adalah video game konsol


9. DDR SDRAM

DDR (Double Data Rate) SDRAM beroperasi seperti halnya SDR SDRAM, hanya saja bekerja dua kali lebih cepat. DDR SDRAM mampu memproses instruksi dua baca dan dua per siklus jam

meskipun memiliki kesamaan dalam fungsi, DDR SDRAM memiliki perbedaan fisik  (184 pin dan stu notc pada konektor). DDR SDRAM juga bekerja pada tegangan standar yang lebih rendah (2,5 V dari 3,3 V)

DDR2 SDRAM adalah upgrade evolusioner dari DDR SDRAM yang bekerja lebih cepat karena dapat berjalan pada kecepatan clock lebih tinggi. standar modul memori DDR bekerja di atas 200 MHz, sedamgkan modul memori DDR2 standar ada si atas 533 MHz. konsumsi daya DDR2 SDRAM adalah 1,8 V)


10. GDDR SDRAM

GDDR SDRAM atau Graphic DDR SDRAM. ini merupakan jenis DDR SDRAM yang direncanakan khusus untuk rerndring grafis atau unit pemrosesan grafis dan digunakan dalam video card atau kartu video.

walaupun didesain sama dengan DDR SDRAM, GDDR tetap memiliki perbedaan seperti dapat meminta dan menerima data pada siklus clock yang sama, sementara memori DDR tidak bisa.

GDDR juga hanya mengnakan lebih sedikit daya dan mengeluarkan lebih sedikit panas. hal itu memungkinkan adanya kinerja modul yang lebih tinggi dangan sistem pendinginan yang lebih sederhana, dan masih banyak lagi perbedan lainnya.

dan janggan lupa absen di komentar dengan nama dan nomer absen kelas contoh: azhar no 27. ada saran ni  untuk kalian, coba cari tau sendiri materi perkatek produtif  selebihnya  di goggle,contoh: apa itu MHz,GHz apak kekurangan  dan kelebiahan EDORAM dan yang lainnya oke terimakasih.

23 comments:

hai selamat datang

Perbedan dan Macam -Macam Harddisk ( HDD,SSD,SSHD)

 MACAM - MACAM HARDIS Harddisk merupakan satu perangkat ke ras komputer dan juga komponen komputer yang fungsinya sangat penting. Tanpa adan...