Wednesday, September 23, 2020

Perbedan dan Macam -Macam Harddisk ( HDD,SSD,SSHD)

 MACAM - MACAM HARDIS




Harddisk merupakan satu perangkat ke
ras komputer dan juga komponen komputer yang fungsinya sangat penting. Tanpa adanya harddisk, data dan juga informasi tida akan tersimpan di dalam komputer. Fungsi harddisk memang merupakan hal yang penting, karena manjadi media penyimpanan atau storage dari komputer maupun laptop


1. Harddisk konvesional 

Sebenarnya harddisk konvesional adalah jensi harddisk biasa . yang nanti akan dibahas perbedaannya dengan harddisk jenis SSD. Hardisk  konvesionl merupakan jenis harddisk baik berukuran besar maupun kecil, yang mengunakan piringan cakram di dalamnya sebagai storage atau lokasi untuk menyimpan data sebuah komuter.

2. Parallel Advanced Technology Attachment (PATA)


Konektor Parallel Advance Technology Attachmwnt (PATA) adalah harddisk yang pertama diperkenalkan oleh Wastern Digital beberapa dekade silam, dan menjadi harddisk yang banyak digunakan di komputer pada masa kejayaannya dulu.

harddisk jenis ini dihubungkan dengan mengunakan kabel pita tebal dengan 40 hingga 80 kawat kabel yang tersambung ke 40 pin konektor untuk mentransfer datanya, Harddisk PATA yang sebelumnya dikenal dengan nama Integrated Drives Electrinic (IDE) dan Advanced Techonologi Attachment atau disingkat ATA saja, dikembangkan secara bertahap oleh Western Digital.

Di awal tahun 2000, Wastern Digital memperkenalkan  interface Ultra ATA yang mampu mentransfer data dua kali lebih cepat dari drive Enhanced Integrated Drivers Elctronic (EIDE) yang muncul di tahun 1994.

Kemunculan serial ATA yang biasa disingkat SATA membuat nama interface  ATA di ubah menjadi parallel Advanced Technology Attachmant alias PATA. Wastern Digital sendiri memberhentikan produksi harddisk dengan antarmuka PATA di tahum 2013 silam setelah posisinya digeser oleh harddisk dengan interface SATA.

2. Serial ATA (SATA)



harddisk dengan interface alias antarmuka SATA atau Seriall ATA yang lebih modern dan mendominasi. Harddisk dengan interface SATA mengunakan kabel  yang lebih tipis ketimbang PATA, sehingga bisa menudahkan pengguna saat memasang atau mencopotnya.

harddisk dengan antarmuka Serial Advanced Technology Attachment ini punya kecepatan transfer yang lebih cepat dibanding pendahuluan, yakni mencapai 150 Mbps. Tak heran,harddisk dengan interface PATA yang banyak digunakan pada komputer jadul, langsung digantikan posisinya setelah kemunculan Serial ATA yang memiliki 15 pin konektor saja.

Harddisk dengan interface SATA umumnya digunakan pada komputer-komputer dengan sistem terbaru. 

3, Small Computer System Interface (SCSI)



Harddisk SCSI atau Small Computers System Interface adalah harddisk yang umumnya digunakan pada komputer sever. harddisk dengan antarmuka SCSI ini memiliki kemampuan untuk menjalakan beberapan disk drive dalam waktu bersamaam jika disk drive akan dipakai untuk mentransfer.

Harddisk SCSI yang dibuat oleh American National Standards Institute atau ANSI memiliki kecepatan yang berbeda - beda, tergantung pada versinya. Misalnya untuk versi jadul kecepatan transfernya dibawah 10 Mbps. Sedangkan SCSI versi terkini seperti Ultra-3 memiliki  kecepatan transfer yang lebi cepat, yakni diatas 140 Mbps.
 

HDD Dan SSD



Hard Disk Drive (HDD)

HDD adalah komponen penting pada komputer yang fungsinya sebagai mendia penyimpanan data. Dalam HDD disimpan banyak data, software dan juga sistem operasi komputer. Data yang tersimpan dalam HDD tidak akan hilang walupun komputer dimatikan (off). Data yang tersimpan dalam HDD ini bersifat permanen, selama pengguna komputer mempu mengunakannya dengan baik, benar dan bijaksana. HDD pertam kali diperkenalkan oleh IBM (1956). Dan sampai hari ini, HDD masih sangat dominan dalam hal media penyimpanan komputer dalam ukuran besar, baik untuk keperluan individu korporat.

dalam HDD terdapat disk yang berputar, keausan dan toleransi terhadap guncangan yang semakin rendah adalah mekanisme yang tidak dapat di hindari. perusahanan media penyimpanan terus menekan laju kegagalan  tahunan (AFR) dan meningkatkan  waktu rata rata sebelum kegagalan (MTBF), namun jaminan keandalan tetap memiliki batas tidak peduli teknologi apapun . SSHD mengimbanginya dengan mengarahkan penyimpanan data prioritas tinggi ke SSD agar lebih cepat diakses dan aman.


Solid State Drive (SSD)

SSD adalah inovasi terbaru dari media pemyimpanan data . SSD merupakan mendia penyimpanan data yang mengunakan  Integrated Circuit (IC) yang dirakit sebagai memori untuk menyimpan data secara prasisten. ini sangat berbeda dengan magnetic disk yang terdapat pada HDD, mengunakan komponen elektromeknasi - terdapat disk dengan mengunakan elektromagnetik.

SSD dapat dianggap sebagai versi canggih dari USB Flash Drive dengan kapasitas yang jauh lebih besar dan berfungsi sebagai pengganti HDD dalam hal ini kecempatan membaca dan menulis data , SSD menujukan perbedan yang singnifikan. kecepatan baca tulis SSD bahkan 8 kali lebih cepat dibanding dengan HDD. PC yang terpasang SSD dapat melewati proses booting dalam hitungan detik , pastinya tidak melebihi 1 menit. Sedangkan waktu yang dibutuhkan  HDD lebih lama tergantung  dengan spesifikasi, dan yang pasti tidak lebih cepat kila dibandingkan dengan SSD.

 
PERBANDINGNAN HDD & SSD


HDD merupakan unsur mekanik, sehingga menghasilkan efek samping yang buruk antara lain:
1. panas yang berlebihan
2. konsumsi daya listrik yang tinggi
3. putaran motor dan piringan menibulkan  suara noise yang tinggi

SSD, karena tidak memiliki unsur mekanik maka efeknya:
1. panas atau suhu SSD tidak setinggi HDD
2. konsumsi daya listerik sangat kecil, SSD cukup butuh daya kurang dari 1 watt
3. tidak ada putaran  motor dan piringan membuat SSD sama sekali tidak berisik.





HARDDISK SSHD


Solid State Hybrid Drive (SSHD)

SSHD adalah teknologi baru media penyimpanan data komputer. SSHD memiliki banyak sekali keunggulan, dengan menggabungkan  kelebihan HDD dan SSD dalam satu perangkat. Kecepatan transfer data dalaha salah satu keunggulan utama yang dimiliki oleh SSHD mengalahkan HDD dan SSD. proses boot-time SSHD lebih cepat dibandingkan HDD larena disk buffer yang dimiliki oleh SSHD mengunakan NAND flash seperti pada SSD. Sedangkan dalam hal konsumsi daya , SSHD sama dengan HDD. sampai saat ini , kehadiran SSHD tidak namyak ornag tahu belum populer dikalanga penguna komputer saat ini.




dan jangan lupa absen di komentar dengan nama dan tulis hari,jam contoh 'azhar/rabu/09.21, ada saran nih untuk kalian, coba cari tau sendiri materi perketek produktif selebihnya di goggle, contoh: apa itu IP ADDRESS tipe A,B,C dan lainya. oke terimakasih.



Sumber pustaka : https://sis.binus.ac.id/

18 comments:

hai selamat datang

Perbedan dan Macam -Macam Harddisk ( HDD,SSD,SSHD)

 MACAM - MACAM HARDIS Harddisk merupakan satu perangkat ke ras komputer dan juga komponen komputer yang fungsinya sangat penting. Tanpa adan...